Minggu, 01 Januari 2012

E. Komputer sebagai Alat Komunikasi


Komputer sebagai Alat Komunikasi


            Tentu Anda telah mengenal bahkan menggunakan komputer dalam menyelesaikan tugas-tugas atau telah menggunakan untuk komunikasi melalui teknologi internet. Komputer adalah alat yang dapat memproses suatu informasi baik secara tulisan ataupun gambar yang ditampilkan dalam suatu layar melalui beberapa proses dalam beberapa bagian yang ada dalam komputer tersebut. Skema komputer dapat ditunjukkan seperti disamping dan secara detik telah anda pelajari pada pelajaran komputer.

1. Perangkat Hardware Komputer
            Perangkat hardware kom-puter diantaranya : Keyboard, Mause, Scanner CPU, , CDROM,  Compact Disk, Floppy Disk, Hard Disk, Monitor, dan Printer.





























a. Keyboard
Keyboard adalah alat untuk memasukan data ataupun perintah ke CPU, biasanya terdiri dari rangkaian huruf dan angka.



d. Scanner
Scanner merupakan alat bantu untuk memasukkan data berupa gambar/grafik dan merubahnya kedalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.


c. Central Processing Units
 Certral Processing Units (CPU) adalah
alat yang berfungsi sebagai pemroses (pengolah) data. CPU merupakan rangkaian sirkuit yang menyimpan instuksi-instruksi pemrosesan,  dan penyimpanan data sementara.



d. Hard disk
Hard disk adalah alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas yang besar yang dilapisi secara magnetis.






e. CD Rom
CD Rom adalah alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk). Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem Optik.  
 
f. Compact Disk (CD), CD R, CD R/W
            Compact Disk (CD) merupakan media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik. Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik.
  
g. Floppy Disk
 Floppy Disk adalah alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan kedalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.

h. Memory Elektronik
Contoh beberapa memory elektronik antara lain Flash Disk, MMC (Multimedia Memory Card).

i. Monitor

Monitor adalah alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang diproses dalam CPU.
Beberapa jenis monitor antara lain CRT, LCD, dan Plasma.

j. Printer
Alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, baik itu berupa teks maupun gambar/grafik. Beberapa jenis printer antara lain jenis dot matrik, dan laser.

 


2. Prinsip Kerja Sebuah Komputer


Secara singkat cara kerja sebuah komputer sebagai berikut :
            Data dimasukan oleh pengguna komputer melalui keyboard (huruf dan angka) atau mouse dan scanner (data grafis/gambar) ke dalam CPU. Data-data tersebut disampaikan kepada software aplikasi untuk diolah di dalam processor dan ditampilkan di layar monitor. Apabila dinilai apa yang tampil di layar monitor sudah sesuai dengan keinginan pengguna komputer tadi, maka si pengguna akan memerintahkan komputer untuk menyimpan hasil kerjanya dalam media penyimpan (disket atau hardisk) ataupun memerintahkan komputer untuk mencetaknya melalui sebuah printer.
            Di dalam CPU, terjadi proses komunikasi data yaitu data yang disampaikan kepada pro-gram aplikasi segera diteruskan ke program sistem operasi. Oleh program sistem operasi, data ini diubah menjadi bahasa mesin yang bisa dimengerti oleh peralatan elektronik yang terdapat di dalam komputer sehingga di layar monitor bisa tampil apa yang diinginkan oleh pengguna tadi ataupun komputer dapat berkomunikasi dengan alat cetak (printer) dan menyuruh printer untuk mencetak file yang diingin-kan pengguna komputer.


 Device atau perangkat komputer berdasarkan fungsinya dapat dinyatakan seperti pada tabel di bawah. 
Komputer
Input
proses
output
Keyboard
Listrik
Scanner
Binary (CPU)
Analog
Binary to decimal
Monitor
Bacaan
Printer



3. Komputer dan Teknologi Komunikasi
Teknologi informasi sampai dengan saat ini berkembang dengan pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi se-hingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkem-bangan teknologi informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif).


Pada dasarnya peralatan teknologi komunikasi modern meliputi 3 perangkat utama  yaitu:
a.    Komputer
b.    Jaringan Sistem Komunikasi
c.    Net Tools

a. Komputer
            Penggunaan komputer pada masa kini telah menjadi bagian dalam hidup kita. Pekerjaan dapat menjadi semakin mudah dan tanpa disadari kita semakin bergantung kepada mesin yang disebut komputer. Gabungan antara penggu-naan komputer dengan teknologi telekomunikasi telah menghasil-kan apa yang kita kenali sebagai teknologi informasi. Teknologi informasi  telah berperan sebagai tempat untuk menyimpan informasi, mengolah informasi, mendistribusikan informasi  dalam berbagai bentuk dan cara. Bahan atau informasi  tersebut dapat disebarkan ada dalam bentuk teks, gambar, grafik, suara, animasi, dan video, atau gabungan secara interaktif yang dikenali sebagai multimedia.
b.
  Jaringan dan Komunikasi
Jaringan komunikasi merupakan sebuah sistem yang mampu menghubungkan dan mengga-bungkan beberapa titik komu-nikasi menjadi satu kesatuan yang mampu berinteraksi antara satu dengan lainnya.


 

.



Berikut ini beberapa perangkat komunikasi yang menggunakan jaringan.
a)

. Telephone
Telephone  merupakan alat komunikasi dua arah yang memungkinkan 2 orang atau lebih untuk bercakap-cakap tanpa terbatas jarak.


b). ISDN
Integrated Service Digital Network (ISDN) merupakan layanan jaringan komunikasi khusus yang menggunakan jaringan telepon yang tidak hanya meproses suara, tapi juga mampu menangani penyimpanan data berupa teks, gambar, video, faksimili, dan lain-lain




c). Leased Line
Leased line merupakan jaringan telepon tetap (permanen) yang menghubungkan dua tempat atau lebih. Jaringan ini tidak mempunyai alat pengalih (switching) atau sejenisnya, jaringan ini bekerja diantara tempat-tempat yang dihubungkan tersebut secara spesifik atau yang sudah ditentukan. Jaringan ini dikenal juga dengan sebutan private line.





d).
Jaringan Komunikasi dengan Satelit 
Jaringan komunikasi tanpa kabel yang menggunakan satelit yang berfungsi sebagai pemancar, penerima dan penguat. Sistem komunikasi ini menggunakan gelombang sebagai penghantar datanya

e). Komunikasi Seluler
Komunikasi seluler merupakan komunikasi yang menggunakan transmisi radio untuk mengirimkan sinyal informasi, alat tersebut lebih dikenal dengan nama Hand Phone.

4. CD Interaktif (CD-i)
Mencari informasi atau pengetahuan melalui multimedia atau komputer adalah sangat menarik karena kita dapat menangkapnya dengan jelas dan dapat mengulanginya. Komputer yang lengkap biasanya dilengkapi dengan CD-ROM, untuk menjalankannya ikutilah petunjuk di bawah ini dan jika ada masalah tanyakan kepada guru PTD kamu.



5. Video Streaming
Video striming merupakan teknologi komputer sebagai jaringan client-server dalam melakukan permintaan (request) untuk dikirimi data dalam hal ini materi yang bersifat multimedia (audio, video). Materi (content) dari operator atau penyedia jasa layanan memasang materinya kedalam aplikasi-aplikasi layanannya yang kemudian dapat diakses oleh pengguna. Materi ini dapat berupa file audio video yang bersifat real time artinya kejadiannya berlangsung juga saat diakses seperti kondisi lalu lintas di jalan raya yang telah dipasang kamera dan dipancarkan ke kantor operator yang kemudian diakses oleh pengguna.  
       Aplikasi ini merupakan teknologi terkini yang diusung oleh sebuah ponsel. Dengan adanya layanan yang diberikan oleh operator seluler, informasi yang sifatnya real time dapat kita peroleh semisal berita dari televisi atau bahkan kondisi lalu lintas ditempat-tempat tertentu. Aplikasi ini merupakan gambaran teknologi seluler yang orang kadang menyebutnya dengan teknologi 2,5G. Video streaming merupakan layanan multimedia yang dapat diakses oleh pengguna ponsel dengan teknologi komunikasi data bergerak.
===============================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar