Minggu, 01 Januari 2012

F. Membuat Sistem Komunikasi Sederhana


MEMBUAT Sistem Komunikasi SEDERHANA
            Dalam kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat membuat atau merakit beberapa sistem komunikasi. Yang dimaksud merakit disini, anda menyiapkan bahan-bahan atau komponen yang ada dipasaran seperti alat komunikasi di bawah ini.
           

Beberapa alat komunikasi seder-hana dapat kalian buat sendiri antara lain :
1. Kentongan
Kentongan adalah suatu alat komunikasi sederhana dengan ciri bunyi. Kentongan dapat terbuat dari kayu, bambu, atau logam. Prinsip dasar kentongan adalah menghasil-kan bunyi yang  cukup jelas atau keras. Prinsip tersebut ada kaitannya dengan membuat lubang pada benda yang dapat menampung udara. ruang Kentongan dapat kita temukan di desa-desa terutama pada ronda malam.

2. Telepon Tali
Media tali dapat kita gunakan sebagai alat komunikasi sederhana sebagai telapon mainan. Perangkat alat tersebut terdiri atas dua buah wadah seperti kaleng bekas yang dihubungkan dengan tali pada ba-gian alas kaleng dengan melu-banginya. Apabila tali dibentangkan dan digunakan untuk berbisik maka kita akan lebih jelas mendengan bisikan tersebut.


3. Kode Cahaya
Text Box:        Untuk komunikasi dengan cahaya, kalian dapat me-manfaatkan sumber cahaya dari  dari bola lampu yang  diubungkan dengan baterai. Apabila sambungannya mem-bentuk rangkaian tertutup maka lampu akan menyala. Prinsip-prinsip ini kalian dapatkan di pelajaran fisika. Untuk mendapatkan cahaya yang lebihh terang tentunya dapat  dilakukan dengan menambah jumlah baterai.

4. Kode Semaphore
flag imageKode semaphore dapat ditunjukkan menggunakan dua buah bendera. Sebelum mempraktekkan kode semaphore, buatlah dulu dua buah bendera kecil kemudian ikuti gerakkan atau posisi nya sesuai kode.



5. Bel Listrik
Salah satu alat komunikasi sederhana dipakai di sekolah, rumah atau tempat umum lainnya adalah bel listrik.


Cara kerja bel listrik menggnakan prinsip kerja magnet, magnet yang dimaksud adalah magnet sementara, dimana jika batang besi lunak yang dililit kumparan dialiri listrik maka batang besi lunak tersebut akan berubah menjadi magnet, demikian pula jika arus listrik diputuskan maka sifat kemagnetan besi lunak tersebut akan hilang pula. Sifat magnet sementara sama dengan sifat magnet permanent yaitu dapat menarik logam besi (lengan).
Perhatikan gambar, saklar ditekan listrik mengalir ke dalam kumparan ,batang besi menjadi magnet mengakibatkan plat besi tipis yangmemilikibandul pemukul tertarik kea rah magnet sehingga bel berbunyi, pada saat yang bersamaan listrik terputus pada titik P (ujung sekrup pengatur) sehingga kumparan kehilangan arus listrik yang mengakibatkan magnet menjadi netral dan plat baja tipis terlepas dari magnet pada waktu yang bersamaan ujung sekrup bersentuhan kembali dengan plat baja tipis sehingga arus kembali memasuki kumparan dengan ujung sekrup (P) mengakibatkan terjadi magnet kembali kemudian magnet menarik batang baja tipis demikian terjadi berulang-ulang.



 

6. Radio Penerima Sederhana
            Sehari-hari yang kalian ketahui tentang radio sebenarnya adalah sebuah pesawat radio penerima yang berfungsi menerima gelombang radio AM atau FM yang dipancarkan oleh pemancar radio.
Dibawah ini adalah skema blok penerima radio










Sistem komunikasi radio penerima meliputi beberapa komponen di bawah ini.

a. Antena penerima
Antena ini berfungsi menangkap gelombang radio termodulasi (AM atau FM) yang dipancarkan oleh pesawat pemancar.

 
b. Rangkaian penala
Rangkaian penala ini berfungsi memilih satu gelombang radio termodulasi dari sekian banyak gelombang radio yang mendekat ke antena dan membangkitkan fre-kuensi tinggi. Karena gelombang termodulasi banyak maka diguna-kan kapasitor variabel untuk memilih salah satu dari gelombang tersebut dengan mengubah besar kapasitas dari kapasitornya.


c. Rangkaian detektor
Getaran listrik yang diterima penala masih bercampur antara getaran listrik suara dan getaran listrik pembawa gelombang, sehingga rangkaian detektor disini berfungsi untuk memisahkan kedua getaran gelombang tersebut dimana getaran listrik suara diteruskan tetapi getaran pembawa gelombang dihilangkan ini terjadi karena rangkaian detektor berlawanan dengan cara kerja modulator. Dioda dipasang dan berfungsi untuk menyerahkan sinyal termodulasi rf dengan menghi-langkan setengah siklus negatif dari sinyal. Sedangkan kapasitor berfungsi untuk melewatkan getaran listrik (frekuensi audio) dan menghilang-kan getaran pembawa gelombang ketanah.

 
d. Earphone
Alat yang biasa digunakan di radio untuk menghasilkan suara adalah loadspeaker, tetapi pada rangkaian ini digunakan earphone karena getaran listrik yang keluar dari detektor memiliki intensitas lemah (amplitudonya kecil). Dalam proses pembuatan rangkaian pesawat penerima radio sederhana sebaiknya guru pembimbing lebih banyak memperlihatkan pada proses merangkai komponen tersebut agar sambungan-sambunyannya baik sehingga alat tersebut dapat bekerja dengan baik.

========================
E. DAFTAR BACAAN 

 
[1].     Sarwo Edy Suprio. 1997. Komunikasi Radio. Jakarta: Elex Media Komputinda, Kelompok gramedia.
[2].     Erwini R.M. 1986. Pengantar Telekomunikasi. .Jakarta: Multimedia, Gramedia Grup.
[3].     Gayo Iwan. 1996. Buku Pintar. Jakarta: Penerbit Upaya Warga Negara.
[4].     Cangara Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[5].     Ahadiat, dan Barus. 1998. Komunikasi 2. Bandung: PPPG Teknologi
[6].     Buttelling. 1996. Technic Communication 1. Leiden, SMA Educatieve Uitgevers
[7].     Marteen Kanginan. 1999. FISIKA 3. Jakarta: Erlangga, Gelora Aksara Pratama.
[8].     .......................... 2000. Ensiklopedia Teknologi dan Komunikasi. Jakarta
[9].     .......................... 2000. Ensiklopedia Komunikasi. Jakarta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar