Minggu, 01 Januari 2012

B. Media Komunikasi


Media Penghantar Komunikasi
            Media penghantar komunikasi adalah seperangkat alat atau bahan yang menjadikan komunikasi berlangsung.


1. Megapon
            Menggunakan megapon kita bisa menyampaikan informasi dengan cakupan lebih luas. Pesan atau informasi yang dikeluarkan tersebar melalui media udara. Kalian dapat menggunakan corong dari karton sebagai megapon sederhana, silahkan coba.

2. Telepon Kabel
            Menggunakan telepon kabel atau telepon biasa kita bisa merkomunikasi pada jarak yang lebih jauh. Informasi yang dikomunkasikan merambat melalui kabel yang menghubungkan pesawat para pengguna telepon. Untuk hal yang sederhana, kalian dapat menggunakan telepon tali yang menghubungkan dua buah kaleng sebagai pesawat. Semakin kencang talin, maka kekuatan suara yang terjadi semaki besar.
3.  Gelombang Elektromagnetik
            Pernahkah Anda masuk keruang depan pesawat terbang atau ruang pilot? Coba kalian diskusi dengan temanmu yang pernah mengenal ruang pilot. Pilot dilengkapi dengan sarana atau peralatan canggih untuk  melakukan komunikasi dengan petugas di bandara dan pilot harus mengkomunikasikan setiap tindakan yang akan dilakukanya. Demikian halnya dengan nahkoda kapal laut selalu berkomunikasi dengan petugas di pelabuhan. Bagaimana mereka berkomunikasi sedangkan kita perhatikan tanpa kabel? Media yang digunakan  untuk komunikasi seperti itu adalah gelombang elektromagnetik. Persoalan gelombang elektromagnetik sendiri tentu sudah Anda pahami pada mata pelajaran fisika. 

4.
Fiber Optic
            Fiber Optic  merupakan jaringan komunikasi yang mampu mentransmisikan data dalam frekuensi tinggi. Dalam jaringan ini jalur komunikasi tidak menggunakan kawat tembaga tetapi menggunakan cahaya sebagai penghantar datanya.  Pembahasan fiber optic telah ada dapatkan pada materi media komunikasi.

5. Wireless
            Wireless merupakan komunikasi nir kabel, jaringan komunikasi yang menggunakan gelombang radio/frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai penghantar informasi. Jaringan komunikasi ini menggunakan alat pemancar, penguat , dan penerima gelombang yang berisi data tersebut.

3 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai media komunikasi, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2571/1/164.pdf
    trimakasih

    BalasHapus